twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Pages

There was an error in this gadget

Kesalahan dan Maaf.

Manusia tetaplah manusia tidak bisa suatu ketika menjadi malaikat yang sempurna selalu ada kesalahan atau kekhilafan itu wajar.

Ketika hati terluka oleh kesalahan, kekeliruan, kekhilafan, penghianatan atau bahkan penolakan yang dilakukan oleh seseorang wajar bila ada rasa marah dan benci. Mungkin ada yang bisa dengan mudah memaafkan dan ada juga yg butuh waktu lama untuk bisa memaafkan, itu semua mungkin tergantung seberapa besar dan dalam seseorang meninggalkan sayatan dihati kita. 

Memaafkan bukan berarti melupakan, luka itu mungkin tidak akan sepenuhnya pergi, luka itu mungkin saja menyisahkan rasa sakit. Rasa sakit dan luka itu membutuhkan waktu untuk puluh kembali.

Kita mungkin sangat terluka oleh sesuatu yang dilakukan orang lain. Kita mungkin akan terluka ketika harapan kita tidak menjadi kenyataan. Kita mungkin akan selalu mengingat luka itu dan membawanya bersama hidup kita yang semakin lama akan menyesakkan hidup kita.

Dan hidup ini terlalu singkat jika hanya digunakan untuk mengingat-ingat kesalahan orang lain. Memaafkan memang terkadang terasa sulit namun mana yang lebih berarti?? Hidup dengan membawa segudang dendam atas kesalahan orang lain atau meringankan hidup kita dengan memaafkan dan melupakan kesalahan orang lain.

Pastilah setiap orang pernah melakukan kekeliruan dan tidak dapat dipungkiri itupun terjadi pada diri kita sendiri.

Kita hidup untuk masa depan jadi berhentilah mengingat masalah yang sudah lewat lupakan itu dan mulailah berfikir dengan masalah yang sekarang dan akan datang.

Memaafkan dan meminta maaf memang tidak mudah tapi itu adalah pilihan yang tepat untuk menjauhkan hidup dari hal-hal buruk yang mungkin akan terjadi...

Hiduplah untuk memaafkan dan berikanlah toleransi untuk setiap kesalahan...

0 komentar:

Post a Comment